FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)

CALL FOR PROPOSALS INDIKA FOUNDATION 2020

IN RESPONSE TO COVID-19

 

1. Siapa saja yang boleh mengajukan proposal program?
Kami hanya akan menerima proposal program yang diajukan oleh komunitas/organisasi masyarakat sipil/yayasan/social enterprise.

Jika perorangan atau individu ingin mengajukan proposal program, kamu bisa berkolaborasi dengan komunitas atau organisasi. Pengajuan proposal program tetap melalui komunitas atau organisasi yang kamu ajak untuk kolaborasi.

2. Apa tema program yang akan mendapat dukungan pendanaan dari Indika Foundation?

Program-program pendidikan perdamaian, pendidikan karakter, dan literasi COVID-19. Sebagai catatan, program yang diutamakan adalah program dengan tema literasi COVID-19. Penambahan tema literasi COVID-19 merupakan bentuk kontribusi kami untuk Indonesia dan kami ingin mengajak kamu untuk terlibat dalam gerakan ini. Penting untuk menjadi perhatian, seluruh program wajib mengajarkan kemampuan berpikir kritis dan berempati.

3. Mengapa hanya proposal program berbasis online yang akan Indika Foundation danai?
Sehubungan dengan wabah COVID-19, kami menghindari program-program yang bersifat offline yang mempertemukan atau mengumpulkan banyak orang dalam satu area. Misalnya program training atau seminar.

Kami mendukung himbauan pemerintah dan lembaga kesehatan dunia untuk melakukan social distancing. Kami percaya bahwa pendidikan perdamaian, pendidikan karakter, dan literasi COVID-19 tetap dapat dilakukan dan disebarluaskan dengan cara online.

4. Bagaimana cara mengajukan proposal?
Organisasi atau komunitas yang ingin mengajukan proposal program harus mengisi formulir aplikasi online yang bisa diakses di www.indikafoundation.org/call-for-proposal-2020.

Jangan lupa kirimkan dokumen penunjang yang wajib disertakan. Pada Call for Proposals Indika Foundation 2020 yang dibuka di Februari 2020, tidak sedikit organisasi yang luput mengirimkan dokumen penunjang. Dengan berat hati, kami mengeliminasi proposal program tersebut. Selain itu, mohon gunakan format penamaan dokumen sesuai dengan ketentuan.

Indika Foundation tidak akan menerima proposal yang diajukan melalui email, pos biasa, faksimili, pengiriman melalui kurir atau saluran lain apa pun.”

5. Kapan deadline pengajuan proposal?
Deadline pengajuan proposal adalah 30 April 2020 pukul 23.59 WIB.

Penting untuk menjadi perhatian, pada Call for Proposals Indika Foundation 2020 yang dibuka di Februari 2020, banyak organisasi yang mengirimkan proposal program satu hari sebelum dan pada hari deadline. Akibatnya, website kami mengalami gangguan karena banyaknya pendaftar yang mengunggah di saat yang bersamaan.

Untuk menghindari hal ini, upayakan untuk mengirim proposal program lebih awal.

6. Apakah fungsi dari surat rekomendasi? Adakah format atau template khusus untuk surat rekomendasi?
Kami akan membaca surat rekomendasi yang akan teman-teman kirimkan untuk mengetahui rekam jejak serta kredibilitas komunitas atau organisasi teman-teman. Ada dua (2) jenis Surat Rekomendasi yang wajib kamu kirimkan, yaitu:

  • Surat rekomendasi dari individu yang mengetahui rekam jejak serta kredibilitas pendiri organisasi/komunitas kamu
  • Surat rekomendasi dari individu yang mengetahui rekam jejak serta kredibilitas organisasi/komunitas kamu.

Kamu wajib mengirimkan dua (2) surat untuk setiap jenis surat rekomendasi. Dengan demikian, total surat rekomendasi yang kamu kirimkan adalah empat (4).

Surat rekomendasi masuk dalam komponen penilaian “Kredibilitas dan Rekam Jejak Organisasi”. Tidak ada format atau template khusus untuk surat rekomendasi.

7. Apakah ada format atau template khusus untuk struktur organisasi?

Tidak ada format atau template khusus untuk struktur organisasi.

8. Apakah program yang ikut Call for Proposal 2020 Indika Foundation juga membuka peluang untuk didanai oleh pendonor lain?
Ya. Organisasi atau komunitas pendaftar diperkenankan mendapatkan sumber dana dari donor lainnya apabila memang total keperluan dana melebihi anggaran maksimal yang ditentukan Indika Foundation.

9. Masih ada yang ingin kamu tanyakan atau konfirmasi?
Kamu dapat mengirimkan pertanyaanmu ke kolaborasi@indikafoundation.org


Guideline tentang Call Proposals 2020 bisa di cek di: CFP 2020